Wajo Kirim Beras 1000 Ton ke Jakarta

1 Bupati Wajo, A Burhanuddin Unru secara resmi melepas pengiriman beras 1000 ton ke Jakarta

Wajo, MC – Perum Bulog Sub Divre Sengkang melakukan pengiriman beras komersil sebanyak 1000 ton menuju DKI Jakarta.

Pengiriman beras sebanyak dua mobil kontainer tersebut ditandai dengan pemecahan gentong oleh Bupati Wajo, A Burhanuddin Unru di Gudang Beras Bulog, Anabanua, kecamatan Maniangpajo, Sabtu, 12/9.

Dalam sambutannya, Bupati mengungkap apresiasi atas terlaksananya pengiriman beras tersebut. Terlebih, kata dia, beras yang merupakan hasil produksi pertanian di kabupaten Wajo ini diserap dari para petani lokal dengan harga bisnis oleh Perum Bulog.

“Saya kira seperti itu memang yang diharapkan, bagaimana Bulog membeli beras petani di kabupaten Wajo dengan harga bisnis, jika itu dilakukan, maka saya sendiri selaku pemerintah daerah akan mendorong masyarakat petani untuk menjual beras-nya ke Bulog,” ujar Bupati.

Kenapa pemerintah menekankan agar beras petani dibeli dengan harga normal, itu karena pemerintah daerah memperjuangkan nasib petani lokal. Terlebih, kata Dia, pertanian di kabupaten Wajo terus alami peningkatan.

“Itu ditandai dengan keberhasilan petani melakukan panen raya padi ditengah kemarau serta dampak el-nino yang menyerang dunia saat ini. Jika daerah lain alami gagal panen, di Kabupaten Wajo sendiri malah sibuk melakukan panen pada musim tanam rendengan tahun ini,” terang Burhanuddin.

Sementara itu, Kepala Perum Bulog Sub Divre Cabang Sengkang, Asmel SP mengungkap bahwa Bulog dalam sebulan terakhir telah menyerap beras petani lokal Wajo sebanyak 12 ribu ton dengan harga normal yakni 8.500/kg untuk beras dan 5.100/kg untuk gabah.

Sedangkan, untuk PSO Perum Bulog Sub Divre Cabang Sengkang telah mengirim beras sebanyak 20 ribu ton untuk ketersediaan beras Rumah Tangga Sasaran (RTS).

“Jika disetarakan, 20 ribu ton itu untuk kebutuhan 1 juta RTS, dan itu diserap dari beras petani lokal di kabupaten Wajo,” terang Asmel.

Hadir bersama Bupati diantaranya ; Wakil Bupati Wajo, A Syahrir Kube Dauda, Dandim 1406 Wajo Letkol Inf Sarkistan Sihaloho, Ketua DPRD Wajo, HM Yunus Panaungi, Ketua Pendilan Negeri Sengkang, Kepala Dinas Pertanian Wajo, IB Putu Artana dan Kepala Badan Ketahanan Pangan Wajo, Ir Nasfari dan beberapa tamu undangan lainnya. (Kha)