Warga Saran Galian Pipa Air Tidak Munculkan Masalah Baru

Wajo, MC – Upaya yang dilakukan oleh pemerintah kabupaten Wajo untuk mewujudkan kota Sengkang sebagai Kota yang bersih dan Sehat mendapat aplaus dari para kalangan.

Gerakan serentak yang dilakukan oleh pegawai dan siswa sekolah, jumat pekan lalu, mendapat perhatian dari masyarakat dan para kalangan Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM).

Namun demikian, diantaranya pula, masih ada warga menyarankan agar beberapa tekhnis pekerjaan yang berkaitan dengan program kebersihan pemerintah ini perlu dimaksimalkan.

Misalkan saja, penanganan pengangkutan sampah agar bisa terangkut dan tidak mengendap ditong sampah selama 24 jam serta penggalian pipa air yang saat ini sedang dalam pekerjaan di beberapa lintas jalan.

Seperti yang diungkap oleh A Bau Salman, salah seorang warga dan juga adalah Dosen disalah satu perguruan tinggi di Wajo.

Menurutnya, kebersihan berikut permasalahan yang ada didalamnya perlu dimaksimalkan. Terlebih, kata dia, ini sudah menjadi program pemerintah.

Dia bahkan memperlihatkan contoh dimana penanganan sampah ini perlu ditangani dengan baik, seperti tumpukan sampah di sepanjang jalan protokol di Kota Sengkang dan beberapa permukiman warga.

“Coba anda langgar di Jl Jend Ahmad Yani, depan Rutan, disitu anda bisa saksikan tumpukan sampah belum terangkut, begitupula di Jl Jend Sudirman, masih banyak tong sampah yang tidak diangkut-angkut,” terang Salman, di Sengkang, Rabu, 15/10 kemarin.

Sementara untuk penggalian pipa air, Salman meminta agar pihak pelaksana pekerjaan tidak menambah permasalahan baru.

“Penggalian pipa ini sebaiknya tidak menambah masalah baru, tidak membebani pemerintah dalam upayanya menata dan membersihkan kota Sengkang. Sebaiknya, setelah dilakukan penggalian, pihak pelaksana memperbaiki timbunan pipa agar tanah dari bekas galian tidak bertumpuk dipinggir jalan,” pungkas Salman.

Terkait dengan saran warga ini, Direktur PDAM Wajo, Fakhruddin yang dimintai tanggapan menyerahkan permasalahan galian pipa kepada pihak pelaksana.

“Akan disampaikan pelaksananya,” kata Fakhruddin singkat.

(Penulis : Nur Asri, SH)