Waspada, Anjing Gila Terjang Anak Balita di Padduppa

Wajo, MC – Masyarakat saat ini sebaiknya bersikap waspada dan menjaga anak-nya dengan baik. Pasal-nya, anjing yang diduga terserang virus rabies bisa saja menyerang dengan tiba-tiba meski anak itu dalam pekarangan rumah.

Seperti yang dialami oleh Muh Syaiful Jelani seorang anak umur dua tahun putra pasangan Mannawi dan Kaharia. Dia alami luka pada bagian wajah karena mendapat gigitan anjing yang diduga gila.

Peristiwa itu terjadi di-pekarangan rumahnya, Jl Sungai Bulete Kelurahan Padduppa Kecamatan Tempe, sekitar pukul 15.45wita, Minggu, 5/10 kemarin.

Ilma, keluarga korban menjelaskan, saat kejadian Syaiful sedang asyik bermain dengan tiga orang temannya di pekarangan rumah. Namun, entah dari mana datangnya, seekor anjing langsung menerjang dan menggigit anak ini dengan liar.

“Akibatnya, Syaiful alami luka gigitan pada bahagian dahi hingga cucurkan darah segar,” terang Ilma kepada mediacelebes.com, Senin, 6/10.

Lanjut dijelaskan, setelah menggigit anak ini, anjing berwarna putih dan kelihatan galak ini lari meninggalkan Syaiful. Warga yang kebetulan menyaksikan kejadian itu langsung memburu, namun upaya yang dilakukan itu tidak berhasil.

“Warga memburu anjing itu dengan balok dan batu, sedang kami langsung bawa keponakan kami ke-klinik Prima Husada untuk dirawat, disitu Syaiful mendapat penanganan dari para tenaga medis,” jelas Ilma kembali.

Informasi yang dihimpun, kejadian sama juga terjadi pada beberapa korban di daerah itu. Menurut warga, sudah ada anjing berhasil dibunuh, namun warga menduga anjing yang menggigit anak ini pernah juga diburu tapi belum berhasil dibunuh.

Kepala Dinas Kesehatan Wajo, Dr Baso Rahmanuddin yang dimintai keterangan mengaku belum mendapat informasi tentang kejadian itu. Plt Kepala RSU Lamadukelleng ini baru akan menanyakan hal itu kepada staf yang membidangi masalah rabies.

“Nanti saya coba konfirmasi dengan staf Dinkes yang menangani masalah virus Rabies, besok Insya Allah,” ucap Rahmanuddin.

(Penulis : Nur Asri, SH)