Workshop Pengantar Tugas BPD, Wabup Ulas Kembali Penegasan Bupati

IMG_7562 Bupati Wajo, Andi Burhanuddin Unru saat beri sambutan usai melantik pengurus BPD

Wajo, MC – Wakil Bupati Wajo, Andi Syahrir Kube Dauda mengulas kembali penegasan Bupati Wajo (Andi Burhanuddin Unru, red) kepada para Kepala Desa dan Pengurus BPD (Badan Permusyawaratan Desa) untuk menjalin sinergitas dalam pelaksanaan pemerintahan desa.

Penegasan itu dipaparkan dalam workshop pengantar tugas, usai pelantikan dan pengambilan sumpah jabatan pengurus BPD dari 28 Desa 6 Kecamatan, di Gedung BCC Sengkang, Rabu, 30/3 lalu.

“BPD harus menjalin sinergitas dengan pemerintah desa dalam menjalankan tugas pemerintahan dan pembangunan desa, jangan sama sekali berseberangan atau saling menjatuhkan satu sama lainnya,” ujar Wabup mengulas penuturan Bupati.

Dikatakan, kedua unsur ini memiliki tugas pokok dan fungsi (tupoksi) tersendiri dalam pemerintahan desa. Tupoksi itu bahkan dipertegas dalam undang-undang dan beberapa peraturan terkait tentang desa, termasuk diantaranya peraturan yang mengatur tentang kewenangan BPD (Badan Permusyawaratan Desa).

WabupKetgam : Wabup Wajo, Andi Syahrir Kube Dauda (tengah) saat membawakan materi

Wabup memaparkan, BPD dalam satu desa dapat dianggap sebagai “Parlemen” yang berfungsi untuk menggali dan menampung, merumuskan serta manyalurkan anspirasi masyarakat. BPD juga memiliki kewenangan untuk menyusun, membahas dan menetapkan Rancangan Peraturan Desa menjadi Peraturan Desa (Perdes) bersama Kepala Desa.

“Oleh itu, perlu dilakukan pendalaman pemahaman terkait pelaksanaan tugas dan fungsi serta kewenangan BPD. Hal itu dilakukan agar dalam pelaksanaan pemerintahan dapat berjalan dengan baik tanpa adanya tumpang tindih kewenangan. Jangan BPD bertindak selaku pemerintah desa begitupun sebaliknya,” papar Wabup.

Lanjut diterangkan, bahwa pengurus BPD setelah dilantik dan diambil sumpahnya oleh pemerintah daerah (Bupati Wajo, red), agar kiranya bekerja dengan baik dan benar disertai dengan tanggungjawab, baik kepada masyarakat, daerah dan kepada Sang Pencipta.

IMG_7628 Ketgam : Foto bersama Kepala BPMPDK Wajo Syamsul Bahri dan Kepala Bidang Pemerintahan Desa Bambang Siswanto bersama pengurus BPD

“Sumpah yang pernah diucap saat pelantikan tidak hanya dipertanggungjawabkan kepada masyarakat dan daerah saja, akan tetapi sumpah itu disaksikan oleh Tuhan YME dan akan dipertanggungjawabkan nantinya,” ujar Wabup mengingatkan.

Selain Wabup, tampil sebagai pemateri diantaranya ; Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa/Kelurahan (BPMDPK) Kabupaten Wajo, Syamsul Bahri, Kepala Bidang Pemerintahan Desa, Bambang Siswanto dan Kepala Sub Bidang Pemerintahan Desa, Herman. (SIPD/K)